Bolehkah Menggonta-ganti Pemberian Susu Formula Bayi?

 

Muraryu – Kadang, jika Anda berbelanja di supermarket, Anda bisa mendapatkan berbagai voucher belanja, kan? Namun beberapa voucher tersebut kadang hanya mengkhususkan pada barang tertentu saja seperti susu formula bayi atau produk lain. Bila dapat voucher gratis susu bayi yang sering Anda berikan pada buah hati mungkin tak masalah. Tapi bagaimana bila beda?

Sayang memang bila membiarkan voucher tersebut begitu saja, kan? Tapi susu bayi tersebut bukan susu yang biasa bayi Anda konsumsi. Bila mengambilnya, berarti Anda mengganti susu bayi Anda, kan? Apa ini boleh? Jika boleh, apa ini aman? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini, ya!

Related image

Bolehkan Menggonta-ganti Pemberian Susu Bayi?

Pada dasarnya, Anda boleh mengganti susu bayi Anda. Asal, bayi Anda menyukainya serta tidak menimbulkan masalah pada bayi Anda. Jadi, bila Anda mendapat voucher gratis susu formula, tak masalah bila Anda mengambilnya. Beberapa bayi memang mudah beradaptasi dengan rasa baru yang dari susu yang diberikan.

Namun, pada beberapa bayi lain, hal ini agak sulit. Bayi yang sudah cukup lama mengonsumsi susu bayi tertentu tentunya sudah hafal betul dengan rasa susu mereka. Jadi, untuk menggantinya, Anda tidak bisa langsung memberikannya begitu saja. Mereka butuh waktu untuk membiasakan diri.

Kebanyakan orang tua mungkin khawatir bila mengganti susu untuk bayi mereka dengan susu bayi yang lain karena berbagai hal. Salah satunya khawatir masalah pencernaannya. Sebenarnya tak perlu, asal Anda mengikuti aturan penggantian susu yang benar, masalah seperti ini tak akan terjadi.

Image result for susu formula pertumbuhan bayi

Bagaimana Aturan Penggantian Susu untuk Bayi yang Benar?

Penggantian susu yang tiba-tiba dan salah cara bisa menyebabkan berbagai gangguan pada bayi. Gangguan tersebut dapat berupa diare, sakit perut, atau ruam merah pada kulit mereka. Jadi, Anda harus tahu aturan yang benar dalam mengganti susu formula bayi dengan susu yang baru.

Aturan pertama, pastikan Anda mengganti dengan susu yang sama. Maksudnya, bila biasa anak Anda mengonsumsi susu sapi, maka gantilah dengan susu sapi pula. Bila anak Anda sebelumnya mengonsumsi susu kedelai, maka ganti pulalah dengan susu kedelai. Jangan sampai terbalik karena bisa menyebabkan masalah serius terutama pada bayi penderita alergi.

Aturan selanjutnya, berikanlah perlahan. Ambil tiga bagian susu formula lama dan campurkan dengan satu bagian susu formula baru. Pemberian secara perlahan ini untuk membuat bayi Anda beradaptasi dengan susu yang baru. Hari berikutnya, takaran susu yang baru bisa ditambah. Begitu seterusnya hingga mereka akrab dengan susu yang baru.

Pemberian yang bertahap ini juga bertujuan untuk melihat apakah buah hati Anda mengalami alergi. Jika tidak ada gejala yang muncul seperti diare dan muntah-muntah, itu artinya susu baru  tersebut aman. Bila sebaliknya, maka hentikanlah pemberian susu yang baru.

Aturan ketiga, jangan terlalu sering mengganti susu bayi. Anda boleh menggantinya, tapi jangan terlalu sering. Berikan jangka waktu seminggu antara susu yang baru dicoba bila Anda hendak memberikan susu yang baru lagi. Jika Anda menggantinya terlalu sering, dikhawatirkan bayi Anda akan mengalami mess up.

Sudah tahu, kan jawabannya? Anda boleh mengganti susu formula bayi asal tidak terlalu sering. Tapi, alangkah lebih baik untuk tidak melakukannya, ya! Berikanlah buah hati Anda susu terbaik. Bila Anda mencari susu untuk bayi secara online, Anda bisa mencoba mengunjungi orami.co.id yang menyediakan susu untuk bayi berbagai merek terbaik.

Releated Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A6939A9E83FC